FB-LIKE

Sabtu, 08 September 2012

Jenis Knalpot Yang Cocok Untuk Satria FU

Pagiii Broders,maw nulis sedikit ah,sekalian berbagi mengenai knalpot apa aja yang cocok bwad satria fu,cuz gk sedikit jg yg nanyain ke gw soal ntu,pdhal ane jg masih newbie,wkwkkwkw..Nyok lnsng aje kite liad apa aja c knalpot bwad FU ntu :

1.DBS

DBS alias Dang Bang Sai adalah nama sebuah tim Drag Race yang terkenal di Thailand,gk usah di tanya karakter knalpot ini,pokoknya nyatu bgt dah sama Fu,en sekali lagi membuktikan,,"Ada Harga Ada Rasa",kisaran harga 1.3 - 2.4jeti

 DBS Lama


DBS Pipa cacing

New DBS



DBS Pelangi Pipa Cacing

DBS Full Pelangi Pipa cacing

DBS Carbon

 Nah klo yg ini setipe sama DBS


2.R9 Series
Nah klo untuk yang satu ini Lokal punya bro,pasti dah pada gk asing dunk..klo dl c masih thai,tp skr  di indo pun dah dibuat,,utk harga variatif,mulai dari 650-750an

Tipe Monza

Tipe Mugello NG

Tipe Mugello ( lama )

3 CLD
Alias Ciledug,biar prouk Lokal...tp teteup recomended di pake harian dan racing,utk harga masih bersahabat lha sama kantong cause gk beda jauh sama R9..heuehuhe

Tipe CLD Kompetisi

Tipe CLD Harian

CLD Carbon lho

4.AHM
Yap Selanjutnya Produksi Dari Negri Sebrang Malaysia,,Performa ya lumayanlah klo bwad harian aja,harga jg berbeda dari 3 produk di atas kisaran 350-450 rebong 
 



Silencer Panjang Dan Pendek

5.NMF
Info yang di dapet masih sedikit banget soal niy knalpot,selain jarang di temuin..peminatnya jg speed freaks only,yg pasti performa dan harga beda tipis sama DBS,sama² Thai Punya



6.Kiiti Racing
Dari namanya pasti aneh ya,cewek banget,tapi performanya sob,sangar...rata² c yang make full korekan..barang ny aja tergolong Langka,masih satu aliran sama DBS en NMF..cekidot dah


7.AHRS - NOBI - AHAU

Performa Semuanya Hampir Sama,,PRice Pun Juga Gak Beda Jauh,Suara Juga :D


Ahrs F4

 NobiTriovale

 AHAU Motors

8.Custom Muffler
Yap namanya aja custom,ane gk sebutin dah brand² nya,tapi karakter knalpot kek gini bisa di sesuain sama maonya riders masing²,model sama harganya mah variatif bgt


Well Sekian dulu brothers,sebenernya di luar sana masih banyak banget knalpot yang gk bisa ane sebutin satu persatu,tapi ya kembali lagi ke selera masing²..yang penting jangan pake knalpot satria fu yang berisik dah,,wkkwkwkw

Keep Safety Ridding

Kamis, 06 September 2012

DRAGSTER SEJATI STREET RACING STYLE


Yang gila dengan balapan, serta gemar otak-atik motor, inilah salah satu hasil karya seseorang, hanyaberbekal berani..
VELG : DBS [140-17]
BAN : SWALLOW drag-blaster [50/90]
Dan tambahan aseso lainnya.. seperti
FILTER RACING
STABILLIZER
STANG JEPIT
Dst..

DRAG STYLE


Tak banyak ubahan yang dilakukan pada motor tersebut. "Alasannya, karena masih mengikuti regulasi dari panitia atau penyelenggara kejuaraan," ungkap Ersan.
Hanya membutuhkan biaya Rp. 2-3 juta untuk merubah Suzuki Satria FU 150 jadi motor dragsuzuki satria fu 150, suzuki satria, suzuki, satria fu, motor drag satria, drag bike, motor drag
Kapasitas mesin masih dipertahankan alias masih standart pabrik, yaitu 150cc. Bagian mesin juga masih banyak yang belum dipermak.

Seperti pada bagian noken as yang masih dipertahankan seperti bentuk aslinya. Bagian piston pun masih menggunakan standar FU. Untuk mendapatkan pengapian yang sempurna, Ersan menggunakan CDI BRT 24 step dengan koil YZ 125.
Suzuki Satria FU 150 pernah juara di event drag bike BSD, Tangerangsuzuki satria fu 150, suzuki satria, suzuki, satria fu, motor drag satria, drag bike, motor drag
Untuk menyeimbangkan laju kendaraannya, Ersan mengadopsi velg Akront baik bagian depan maupun belakang dengan ukuran masing-masing 120 dan 140.

Tak banyak biaya yang dikeluarkan oleh Ersan. Untuk memodifikasi motornya tersebut, Ersan merogoh kocek sekitar Rp. 2-3 juta.
Suzuki Satria FU 150 yang dirubah jadi motor dragsuzuki satria fu 150, suzuki satria, suzuki, satria fu, motor drag satria, drag bike, motor drag
Spesifikasi
Karbu : NSR SP (30mm)
Main / pilot : 135/55
Koil : YZ 125
CDI : BRT 24 step
Knalpot : UK Racing
Velg depan / belakang : Akront (120)/akront (140)
Ban depan / belakang : corsa / corsa
Gear depan / belakang : 15-41
Piston : standar FU
Noken as : standar

Modifikasi I

para pengemar otomotif yang ingin merubah bentuk tampilan motornya khususnya motor satria FU kini gak usah bingung mencari disain bagaimana untuk memodifikasi karna kami telah membawakan contoh modifikasi satria FU terbaru ditahun ini.

Modifikasi terbaru satria FU kini mulai dicari krna motor ini lagi ngetrend,meskipun model motornya yang sport yang memang sudah bagus tapi karna kalian ingin tampil beda dengan motor kalian kalian ingin mempdifikasinya kini saatnya kami untuk membantu memberi contoh motor-motor satria FU yang sudah dimodifikasi.

Gambar Motor-Motor Modifikasi Satria FU Terbaru:























Bagaimana Modifikasinya keren-keren kan modifikasi ini sudah kami pilih sebagai modifikasi terbaru ditahun ini sekarang giliran motor kalian yang harus dimodifikasi supaya gak terlihat biasa-biasa saja selamat mencoba modifikasi dari kami,kami akan hadir kembali dengan modifikasi terbaru tentunya tunggu saja.

BRUSH SATRIA F150






Satria FU 150 RACING LOCK

Buat para pencnta satria FU yang doyan dengan ala dragster racing lock ni lah salah satu contoh modif satria beraliran racing lock.. 
VELG : DBS [140-17] [harga kisaran 300 ribuan 1] [Cari aman]
KNALPOT : Sebaiknya R9 [LEBIH top up accelerasion + Ngebass] [harga kisaran 500 ribua -1 juta]
                     namun bisa menggunakan AHRS (seperti yg diatas) , DBS, dan lain-lain
KALIPER : NISSIN atau BREMBO [ harga kisaran 100-400] [cari  aman saja ]
BAN : COMET M1 series [60/80-17] [harga kisaran 125 ribuan]
           SWALLOW [50/90-17] [harga kisaran 120 ribuan]

STREET RACING

Buat penggila balap jalanan. ini cocok buat anda..
yang mesti anda butuhkan dalam style modifnya adalah
VELG : TDR U-SHAPE [140-17 atau 160-17]  [harga kisaran 350 ribuan per velg]
             RIDE IT U-SHAPE [140-17 atau 160-17] [harga kisaran 400 ribuan 1 pasang]
             [cari aman saja gan]

TROMOL : TRUSTY [Ngikut trend drag, karena lebih ringan]
DISK : TDR/KTC [Cari aman saja gan] [harga kisaran 150]
BAN : SWALLOW [drag blaster] [50/90-17 atau 60/80] [harga kisaran 150-300 per buah]
STABILIZER : KTC [ Harga kisaran 700 ribuan (cari aman saja gan)]

SATRIA FU BLUE JAZZ

Oke bro bagi penggila satria FU. inilah contoh garapan anak pencinta satria FU 150 yang berbekal 1 set Velg Alumunium, dan tumpahan cat warna biru..
Velg yang bisa dipakai seperti DBS, DB5, COMET.. untuk varian seperti diatas, sedangkan CAT bisa NIPE, DANAGLOSS, SUZUKA, dan lain-lain sesuai yang anda sukai..

MEMASANG CDI REXTOR ADJUSTABLE cara setting cdi satria fu


Banyak cara dalam meningkatkan performa satria Fu. Mulai dari yang simple dan murah sampai dengan yang rumit dan memakan dana yang lebih. Salah satu part yang sering diganti untuk meningkatkan performa bebek Satria FU agar lebih kencang adalah mengganti CDI dengan CDI yang aftermarket. Salah satu CDI andalan para rider Fu adalah CDI Rextor yang Adjustable. Rextor selain ampuh dalam mendongkrak performa, CDI ini juga termasuk golongan premium juga. Soal harga relatif kompetitif juga untuk CDI sekelasnya.

Setelah berhasil memboyong CDI yang satu ini langkah selanjutnya adalah pasang ke motor kita. Untuk pemasangan dan penyetingannya CDI Rextor Adjustable bagaimana? Kalau tidak ingin repot, Anda dapat langsung ke bengkel langganan. Pemasangannya dan penyetingan bisa diserahkan ke mekanik kepercayaan anda. Tapi jika anda termasuk orang yang suka bereksperimen silahkan baca-baca dulu, banyak referensi betebaran di rumah eyang google atau bisa langsung Download disini tentang intruksi manual pemasangan CDI Rextor.. Setelah CDI terpasang dengan sempurna, saatnya test drive... yang penting safety riding.. Jangan karena motor makin kenceng... bawanya jadi ugal-ugalan... Oke Semoga bermanfaat.

MESIN SATRIA FU MATI SAAT HUJAN Satriaf 150 susah hidup kena air


Motor khususnya satria FU mogok dan macet akibat kena hujan  memang sangat jarang terjadi. Tapi hal itu masih mungkin terjadi. Jika hal itu terjadi pada motor anda tentu bikin bingung juga. Hujan, ditengah jalan, mogok... Waduh.. sial wal apes. Jangan panik dulu. Mungkin bisa ditelusuri satu persatu, mungkin dari karburator yang kemasukan air atau busi yang tidak bisa memercikkan api lantaran ada air.

Kenapa air kok bisa mengenang di busi???
Coba perhatikan di silinder mesin dekat port exhaust (lubang tempat knalpot) dibawahnyanya terdapat lubang kecil (gambar disamping). Lubang tersebut berfungsi sebagai jalan untuk keluarnya air yang masuk ke lubang busi. Kotoran (debu, tanah dll) yang menutup lubang pembuangan tersebut dapat menghambat aliran air. Akibatnya air tergenang di lubang busi dan busi menjadi mati.

Gimana cara membersihkan??
Gunakan Kawat kecil yang kuat ( misal : peniti, paper clip yang diluruskan) untuk membersihkan lubang tersebut, Jika ada gunakan kompresor agar hasil lebih maksimal. Lakukan secara periodik dan lakukan pengecekan setiap bulan, terlebih untuk musim ujan, karena banyak air bercampur tanah menyemprot dari ban depan ke lubang pembuangan.

Semoga bermanfaat, brow tambah ilmu, dukundigital tambah rame dan saya tambah pahala.

HATI-HATI MEMILIH GIR SATRIA FU, Gear Depan Satria FU ada yang kualitas jelek


Gembar-gembor untuk mencintai produk dalam negeri sudah beberapa tahun yang lalu di kumandangkan. Banyak pejabat yang disorot. Sepatu, tas dan benda-benda pribadi kala itu sangat menjadi sorotan media. "Mungkin" sepertinya para pejabat agak binngung juga. Mau pakai produk dalam negeri tapi gengsi menurun. Kalo gengsi bisa ditahan sedikit lah, permasalahan ada beberapa produk dalam negeri yang bentuk sama plek, dan sekilas bahan juga sama percis tapi beda kualitas.  Niatnya  mo pake produk dalam negeri yang notabene harganya relatif murah  tapi baru pake sebentar eh dah minta ganti. Alih -alih mo penghematan jadinya malah boros. Tenang gan, nggak semua produk dalam negeri jelek kok... Buanyak juga yang nggak kalah bagus dengan produk impor dengan harga lebih murah. Jadi kita mesti selektif mana kiranya produk yang bagus dan yang nggak.

Saya mau berbagi pengalaman tentang sebuah produk sproket. Pernah suatu ketika saya mengganti gear depan yang sudah dipakai 12ribu kilo. kebetulan part bekasnya saya simpan.

 

4 bulan berjalan (sekitar 6000an KM) dan kerasa ada yang nggak beres dengan suara sproket depan, akhirnya saya coba bongkar mencari tahu ada masalah apa dengan den Bei Satria kesayangan. Ternyata oh ternyata... suara nggak beres tersebut saya dapati dari gear depan. Dan hasilnya gear depan bak gigi seorang kakek kakek. Rompal habis.

Dan setelah saya bandingkan dengan part lama.... hmhmhmhm lihat sendiri 12ribu km vs 6ribu kilo... 

SETEL SENDIRI KLEP SATRIA F150 agar mesin tidak berisik


Kali ini saya ingin berbagi ke Brow para FuHolic, Para penggemar Satria F 150, tentang bagaimana cara setel klep suzuki satria FU. Satria F150 atau biasa disebut juga Satria fu yang bermesin DOHC(Double Over-head Camshaft) yang artinya memiliki 4 buah klep (valve) yang dioperasikan langsung oleh noken as. Tapi Brow, Tau gak kalo motor ini tidak dilengkapi baut setelan klep seperti motor lainnya. Padahal setelan klep motor kan sangat penting untuk performanya. Terlalu rapat ataupun terlalu renggang bisa mempengaruhi akslerasi dan speednya. Untuk motor kebanyakan, setelah di skir maka setelan klep musti disesuaikan melalui baut setelan klepnya agar celah kerenggangannya terjaga. Ini harus dilakukan karena setelah di skir payung klep dan valve seat alias dudukan klep akan terkikis.  Ini juga yang mendasari beberapa mekanik mengharamkan  penyetelan klep pada satria f150. 

Sebenarnya skir klep untuk motor ini sah sah aja dilakuin asalkan setelah diskir celah kerenggangan disesuaikan lagi. Dan tentunya usahakan skir menggunakan pasta yang halus saja atau juga bisa menggunakan autosol sehingga ga banyak mengikis payung klep dan valve seat. Langsung aja gimana langkah-langkahnya...
  1. Buka tutup silinder head dengan cara membuka 4 buah baut ukuran L6 dibagian atas.
  2. Posisikan piston di TMA(Titik Mati Atas) tapi yang setelah klep in bekerja. Intip dari blok magnet.  hingga terlihat huruf T pada magnet. Ini menunjukkan piston sudah berada pada titik mati atas.
  3. Kalau udah, siapkan bilah feeler / fuler / feeler gauge yang akan berguna untuk mengukur kelebaran celahnya kemudian Sisipkan bilah feeler ke celah dibawah noken-as. dan ukur jarak kerengangannya.

  4. Normalnya untuk setelan klep satria f150 atau Satria FU adalah :0,10-0,20 mm untuk klep in  0.20-0.30 untuk klep ex.  Inget ukuran ini pada saat mesin dingin ya..
  5. Kalo ga sesuai tinggal lepas noken asnya dan lepas rumah untuk shim. Nah yang mempengaruhi celah klepnya adalah shim. bentuknya sangat kecil, seukuran pil gitu deh.

  6. Periksa angka yang tercetak pada shim. Ini menunjukkan ketebalan shim. Untuk meyakinkannya bisa ukur menggunakan micrometer. Makin tebal shim maka setelan klep makin rapat celahnya. Pilih shim yang sesuai.  Ada 21 ukuran shim dari ukuran 1.20 sampai 2.20 mm dengan interval 0,05 mm.

ContohKasus :
jika celah klep out 0.05 mm, padahal harusnya paling rapatnya 0.20 mm. Berarti celah kurang lebar 0.15mm atau shim terlampu tebal 0.15mm. Jika shim yang terpasang ukuran 1.80,  maka bisa diganti ukuran 0.15mm lebih tipis.= 1.80-0.15 = 1.65mm
Jika ingin Setelan klep 0.25mm, gunakan 1.60mm

Okey... semoga bermanfaat...

MESIN SATRIA FU BERISIK SAAT PAGI HARI klotok-klotok pada mesin



Baru balik dari Ambon. Sekarang sudah di hutan lagi. kembali ke rutinitas biasa. Tapi belum genap seminggu ternyata sarana transportasi satu-satunya Satria FU ku trouble. Sebenernya troublenya gak parah sih. Mungkin bisa dikategorikan sepele. Yaitu cuma mesin berisik banget kalo dipanasin pagi hari. Saat kondisi mesin dingin suara klotok-klotok terdengar disisi kanan mesin, sekitar dibawah lubang PAIR. Tapi setelah mesin mencapai suhu optimal, dicoba di ajak lari ternyata performa nggak ada masalah. Masih mau digeber bahkan di tanjakan larinya masih okey. 

Dasar telingaku paling gemes kalo denger suara mesin berisik plus mengingat jalur yang aku lewati setiap harinya adalah hutan belantara. Dari pada bertambah parah dan mogok ditengah hutan akhirnya aku putuskan untuk men-general check up. Satria FU ku termasuk rutin general check up, padahal jokinya nggak pernah. Boro-boro check up, cek tekanan darah saja palingan kalo pas donor darah atau gantian cek sama istri kalo pas inget.

Sepulang Puskesmas aku langsung meluncur ke Masohi. Sampe dimasohi aku langsung masuk begkel resmi Suzuki. Karena kondisi mesin panas jadinya klotok-klotok menghilang secara temporary. Aku cuma bisa menceritakan keluhanku pada sang mekanik. Mekanik awalnya menduga gara-gara kualitas bensin di tempatku yang nggak bagus, Tapi aku memberikan alibi : Larinya nggak masalah, Mesin jika sudah panas suara klotok-klotok hilang, Muncul klotok-klotok jika pagi. Kemudian yang mekanik mensuspect Truble pada Noken. Berhubung jamnya tanggung untuk bongkar motor, akhirnya mekaniknya putuskan besok pagi untuk memintaku balik lagi ke Bengkel. Jadi, Untuk sementara nginep dulu di Masohi

TIPS MENAIKKAN PERFORMA SATRIA FU DENGAN BUDGET MINIM, Cara korek harian untuk pelajar satria f150


Bagi para penyemplak satria FU yang uang jajan minim, tapi pingin motornya lebih garang. Silahkan ikuti step-step ini:
  1. Pilot jet naikan ukuran 1-2 step, misal dari 12,5 jadi 15 atau 17,5.Pilot jet pengaruh untuk start awal, pilot jet berguna menyumplai bahan bahan bakar untuk 0 - 1/4 throttle. Penambahan ukran Pilotjet juga berguna untuk Mengurangi gejala knalpot nembak seperti yang telah dibahas pada postingan sebelumnya. Peningkatan ukuran pilot jet jangan terlalu besar nanti boros dan karburator bisa mengembun karena bensin banyak tapi udara cuma seadanya. Alias campuran terlalu kaya (rich)
  2. Main jet naikin ukuranya 2-3 step. Misalnya dari 115 jadi 130 Penjelasnnya : karena mainjet paling efektif untuk 3/4 - full throttle alias gas dibuka full. Yang tujuannya adalah untuk mempersingkat mencapai Top speed karena suplly BBM optimal. 
  3. Naikan klip jarum skepnya 1-2 tingkat. Pada 1/4 - 3/4 throttle (hitung dari putaran grip di setang) yang bekerja ada jarum skep. Jadi posisi jarum memerlukan perhatian khusus juga.
  4. Buka Filter udara dan diganti pake after market kaya K&;N atau yang produk lain (TDR dll) supaya angin lebih banyak masuk tapi debu tetep terperangkap di filter.
  5. Setting lagi Air Screw.Caranya putar air screw, searah jarum jam sampai mentok, lalu putar lg ke kiri sampai dapat rpm tertinggi, lalu baru atur gasnya turunin jd 1400 rpm ,biasanya dapat 1 - 1 1/2 putaran counter clockwise. 
  6. Gear (sprocket) belakang kurangi 2 atau 1 mata, mis dari 43 menjadi 41 atau 42 mata..atau gear depan ditambah 1 mata. 

     efeknya Tarikan jadi sedikit lambat tapi top speed akan bertambah.. Tapi bagi yang motornya stop and go, lompati langkah ini.
  7. Kompresi Satria F150 sudah relatif tinggi 10,2 : 1 , jadi emang mesti pake BBM oktan tinggi (pertamax plus atau Pertamax). Kalo oktan terlampau rendah, efek mesin bisa knocking alias ngelitik..kalo tetap dipaksakan maka komponennya, piston, Klep umur pakai lebih pendek. Jangan takut bagi yang masih tetep pengin pakai Bensin Biasa. Ada solusi untuk menghindari kerusakan mesin tersebut.
Nah demikian cara agar FU bisa lebih kencang dengan dana yang murah. Jadi tetep bisa traktir para cewek kecengan lo semua... Siiip.. keep safty riding


(Diambil dan disarikan dari berbagai Sumber)

FB-COMMENT