FB-LIKE

Kamis, 06 September 2012

GANTI UKURAN PILOT JET SATRIA FU knalpot tidak nembak, akslerasi meningkat


Bagi para penggeber Satria FU 150 sering sekali mengeluhkan bahwa FU mbrebet di putaran bawah. Bahkan kadang disertai knalpot motor nembak-nembak sendiri begitu lepas gas. ini sering terjadi terutama bagi motor fu yang memang masih baru keluar dari pabrik alias standar full.

Sebenarnya postingan saya ini sudah banyak dibahas, karena memang sudah tidak asing lagi khususnya bagi FU 150 Rider… tapi ga apa-apa lah, itung ituung berbagi info buat yang belum pada tahu…

Satria FU 4-tak Standar dengan volume ruang bakar sebesar 150 cc ini disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5  dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Walah kalo di pikir pikir kecil sekale. Akibatnya  tarikan putaran bawah sering mrebet dan knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa Suhu FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5.  Pilihannya ada buanyak, kok. Kitaco atau Daytona oke, orisinal apalagi. Buat pemakaian di kota yang relatif dingin , cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Yamaha Jupiter Standar. Kalau di tempat yang panas( Jakarta, Semarang, Surabaya dll) ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Suzuki Shogun lama. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur ulang setelan udara.

Gimana Sih cara Ganti Pilot Jet Sendiri.
Pertama Bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik dan lepaskan slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.

Ambil lagi obeng plus untuk kendurkan klem karet intake dari bawah. Tarik karbu nggak perlu sampai lepas kabel choke dan gas. Langsung deh buka mangkuk karbu. Angkat pilot-jet lama dan pasang spuyer baru pakai obeng min(-)
Beres itu, bisa langsung pasang kembali.
Selanjutnya setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran bensin. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran.

Lalu bagaimana jika Setelah ganti Pilot Jet ternyata gejala nembak-nembak di Knalpot masih ada?? Coba cek apakah ada kebocoran di saluran intake (manifold). Kalo ternyata knalpot motor Suzuki Satria F150 masih nembak-nembak alternarif lain ya silahkan Tutup Lobang PAIR-nya. Semoga bermanfaat.. 
Keep safety riding..!!!

2 komentar:

  1. Mas mohon pencerahan nya, untuk fu thailand pj mj yg pas ukuran brapa agar mtr mudah hidup di pagi hari sma gak ngempos trus mati, mhon bntuan nya trims..

    BalasHapus

Mari saling membantu

FB-COMMENT