Bagi para penggeber Satria FU 150
sering sekali mengeluhkan bahwa FU mbrebet di putaran bawah. Bahkan
kadang disertai knalpot motor nembak-nembak sendiri begitu lepas gas.
ini sering terjadi terutama bagi motor fu yang memang masih baru keluar
dari pabrik alias standar full.
Sebenarnya postingan saya ini
sudah banyak dibahas, karena memang sudah tidak asing lagi khususnya
bagi FU 150 Rider… tapi ga apa-apa lah, itung ituung berbagi info buat
yang belum pada tahu…
Satria FU 4-tak Standar dengan volume ruang bakar sebesar 150 cc ini disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5 dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Walah kalo di pikir pikir kecil sekale. Akibatnya tarikan putaran bawah sering mrebet dan knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa Suhu FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5. Pilihannya ada buanyak, kok. Kitaco atau Daytona oke, orisinal apalagi. Buat pemakaian di kota yang relatif dingin , cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Yamaha Jupiter Standar. Kalau di tempat yang panas( Jakarta, Semarang, Surabaya dll) ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Suzuki Shogun lama. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur ulang setelan udara.
Gimana Sih cara Ganti Pilot Jet Sendiri.
Pertama Bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik dan lepaskan slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.
Satria FU 4-tak Standar dengan volume ruang bakar sebesar 150 cc ini disuplai karbu vakum Mikuni BS 26 dengan pilot-jet 12,5 dan Main jet 110. Dengan setelan air screw ½ putaran. Walah kalo di pikir pikir kecil sekale. Akibatnya tarikan putaran bawah sering mrebet dan knalpot nembak-nembak saat gas dilepas. Untuk mensiasatinya beberapa Suhu FU menyarankan untuk mengganti Pilot jet Ukuran 15 atau 17,5. Pilihannya ada buanyak, kok. Kitaco atau Daytona oke, orisinal apalagi. Buat pemakaian di kota yang relatif dingin , cukup pakai nomer 15 atau kepunyaan Yamaha Jupiter Standar. Kalau di tempat yang panas( Jakarta, Semarang, Surabaya dll) ideal pakai jadi 17,5 atau bawaan Suzuki Shogun lama. Setelah penggantian Pilot Jet jangan lupa untuk mengatur ulang setelan udara.
Gimana Sih cara Ganti Pilot Jet Sendiri.
Pertama Bongkar cover mesin bebek DOHC ini. Lanjut copot karet boks filter dengan membuka klem pengikat pakai obeng plus. Kemudian tarik dan lepaskan slang bensin, membran bensin dan pernapasan mesin.
Ambil
lagi obeng plus untuk kendurkan klem karet intake dari bawah. Tarik
karbu nggak perlu sampai lepas kabel choke dan gas. Langsung deh buka
mangkuk karbu. Angkat pilot-jet lama dan pasang spuyer baru pakai obeng
min(-)
Beres itu, bisa langsung pasang kembali.
Selanjutnya setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran bensin. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran.
Lalu bagaimana jika Setelah ganti Pilot Jet ternyata gejala nembak-nembak di Knalpot masih ada?? Coba cek apakah ada kebocoran di saluran intake (manifold). Kalo ternyata knalpot motor Suzuki Satria F150 masih nembak-nembak alternarif lain ya silahkan Tutup Lobang PAIR-nya. Semoga bermanfaat..
Selanjutnya setel ulang air screw. Tujuannya biar suplai udara seimbang sama guyuran bensin. Jika Pilot Jet standar (12,5) cuma ½ putaran berlawanan jarum jam. Pakai pilot-jet 15 naik jadi ¾. Sementara 17,5 pas di 1 putaran.
Lalu bagaimana jika Setelah ganti Pilot Jet ternyata gejala nembak-nembak di Knalpot masih ada?? Coba cek apakah ada kebocoran di saluran intake (manifold). Kalo ternyata knalpot motor Suzuki Satria F150 masih nembak-nembak alternarif lain ya silahkan Tutup Lobang PAIR-nya. Semoga bermanfaat..
Keep safety riding..!!!
:58
BalasHapusMas mohon pencerahan nya, untuk fu thailand pj mj yg pas ukuran brapa agar mtr mudah hidup di pagi hari sma gak ngempos trus mati, mhon bntuan nya trims..
BalasHapuspunya gw Mainjet 110 Pilotjet 20 bebas brebet bebas nembak, settingan angin pake feeling aje kalo gw gw nyeting sendiri jadi tau gimana enak apa nggak nye.. hasilnye tarikan buset dah r-15 2014 kalah padahal r-15 gw tipe mesin sohc over stroke yg jelas" maennya di tarikan awal.. cuman 1 kelemahannya kalo pake settingan ini.. boros abis 2 hari musti ngisi kalo jarak tempuh pulang pergi kekantor lu itu 30 kilo alias 60 kilo 4 literan..
HapusPermisi mas saya mau tanya..
BalasHapusKalau saat pakai pilot jet 17,5 .. ko RPM saat tinggi gas tidak kuat ya ( posisi Gear 6)..
Tp pas di gear 5 kecepatan stabil..
Itu kenapa ya mas?
Mohon pencerahan..
Ganti Mainjet lebih besar, cek saringan oli masih bersih nggak, bensin RON nya brp, CDI nya standar apa ganti..
HapusSya pny motor shogun 110 klo di ganti ama karbu satri F 2012
BalasHapusBisa atau tidak iya agan2 yg lebih paham
HapusBisa gan tapi ganti manifoldnya atau inteknya pakai kodok pakai selang radiato mobil potong beli di toko sudah sedia
BalasHapusBro mesin susah hidup waktu pagi dan mesin dah lama mati alias sudah dingin... Permasalahannya gimana bisa dibantu
BalasHapusCek ukursn pj & mj mas. Klo kebesaran seperti itu, kedinginan
HapusGan kenapa yah ukuran lobang" pj 15 lebih kecil dripada 12.5? apa emang gita gan? apa gak harus lebih besar?
BalasHapusGan ane pke satria fu,pke pe28 pj mj 35 110.klo digas kok ngookk itu knpa yaa??
BalasHapusKnalpot msih standar
Kurang besar mj e
HapusMj ny besarin..
BalasHapusSatria fu saya kompresi nya hilang mas, mohon pencerahan, apa karena ring piston sudah lemah
BalasHapusSatria fu saya kompresi nya hilang mas, mohon pencerahan, apa karena ring piston sudah lemah
BalasHapusbos fu pake pe 28 saat pertama kali tarik gas malah ngepos tpi beberapa saat kemudian baru normal
BalasHapusterutama pd saat di polisi tidur,posisi turunkan gigi setalh tarik gas kok malh ngoook lama akselerasinya malh mendezis kya ular
apany ya boz???TOLONG.
bos fu pake pe 28 saat pertama kali tarik gas malah ngepos tpi beberapa saat kemudian baru normal
BalasHapusterutama pd saat di polisi tidur,posisi turunkan gigi setalh tarik gas kok malh ngoook lama akselerasinya malh mendezis kya ular
apany ya boz???TOLONG.
puxa sya boros.. klo d ganti spuyer gnti yg gmn ya. pemula motor satria mhon jwbx
BalasHapusklo buat satria fu robahan tigeran cdi brt,pengapian,racing, ituh enak pake PJ dan MJ nyh pake yg ukuran brpah yah?....
BalasHapusPj pakek 38 mj pakek 115 enak gann atass nyaa ngisi teruss
HapusMesinnya masih standar apa udah portingan + knalpotnya udah recing oa masih standar
Hapusbos yang punya saya pake 15 sama 110 tavi putaran bawah berebet knalpot nembak nembak
BalasHapusMJ yg cocok buat satria fu apa ya mas
BalasHapusSaya lagi nyari MJ 130
MJ yg cocok buat satria fu apa ya mas
BalasHapusSaya lagi nyari MJ 130
Punyaku kmarin barusan ganti pj 15,motor.masih standart semua, termasuk filter jg standart utuh...
BalasHapusPertanyaan nya.
Kompresi nya kok berasa kurang padat ya boss??
Gak sepadet wktu pakai pj 12,5,suara knalpot juga jd agak senyap gak se nyaring pakai pj standart/12,5
Mas mau nanya klo paket knalpot racing tpi mesin msih msih standar,,,,itu pke main jet y Ukuran y brpa,,trs pilot jet y paketan ukuran y brpa.
BalasHapusMau tanya gan klo motor gas dilepas abis trus gak mau jalan itu knp ya cuma tersendat semdat gitu kaya motor blm panas ribet kalo di jalan raya atau abis tanggul kudu buru buru minggir
BalasHapusBang satria fu 150 standart pakai pe 28 knapa di gas kok malah mati ?
BalasHapusKalau udah ganti pj 15, putaran anginnya brapa putaran yahhh ???
BalasHapusMau nanya kok udh ganti pj 17,5 malah gk dpt setinganny ya?
BalasHapusBang mw tanya . Kalau pake karbu king pj mj nya yg pas bwt fu std uk brpa?
BalasHapusApakah pilot jet Shogun masuk buat satria Fu new??
BalasHapus